Rabu, 11 Maret 2015

1. Clothing
a. Kekuatan
- Beberapa anggota sudah pernah menjalankan bisnis ini.
- Mampu mendesign T-shirt.

b. Kelemahan
- Modal lumayan besar
- Proses produksi membutuhkan waktu yang lumayan lama.

c. Peluang
- Pangsa pasar luas
- Banyak peminatnya.
- Proses pemasaran mudah dapat menggunakan media sosial.
- Mempunyai banyak relasi untuk memasarkan produk ini.
- Mempunyai banyak relasi untuk membantu proses produksi.

d. Ancaman
- Banyak produk pesaing.
- Mudah di tiru.

·        Cara mengoptimalkan kekuatan dan peluang
Karena beberapa dari anggota kelompok kami sudah pernah melakukan bisnis ini maka kami menjadi lebih mudah dan lebih percaya diri untuk menjalankan bisnis ini. Selain itu salah satu dari kami juga ada yang pandai dalam design grafis maka kami tidak kesulitan dalam mendesign t-shirt yang akan kami buat.

·         Cara memanfaatkan peluang dan kelemahan
Persaingan dalam bisnis ini sangat ketat tetapi pangsa pasarnya juga luas maka kami yakin kami bisa berhasil dalam menjalankan bisnis ini dengan kemampuan yang kami miliki.



2. Seblak
a. Kekuatan
- Salah satu anggota sudah bisa membuat produk ini.
- Tidak memerlukan modal yang besar.

b. Kelemahan
- Belum pernah menjalankan bisnis ini.
- Masih bingung dalam konsep penyajian produk ini.
- Terkendala dalam pemasarannya.

c. Peluang
- Pesaing di Yogyakarta belum banyak.
- Menjadi salah satu pilihan bagi penyuka kuliner pedas.

d. Ancaman
- Makanan belum tentu dapat diterima oleh masyarakat Yogyakarta.
- Kurang diminati bagi yang tidak suka makanan pedas.
- Kuliner masih asing di telinga masyarakat Yogyakarta.

·         Cara mengoptimalkan kekuatan dan peluang
Salah satu kelompok kami sudah mampu membuat produk ini maka kami tidak perlu harus belajar untuk membuat produk ini pada orang lain cukup dengan anggota kelompok yang sudah bisa membuat makanan ini untuk melatih anggota yang belum bisa. Modal yang kami butuhkan juga tidak terlalu besar maka kami bisa menghemat pengeluaran

·         Cara memanfaatkan peluang dan kelemahan
Persaingan di yogyakarta belum terlalu banyak maka peluang kami untuk berhasil menjalankan bisnis ini sangat besar. Walaupun kami belum pernah menjalankan bisnis ini tapi kami optimis bisa berhasil menjalankan bisnis ini karena makanan ini tergolong masih jarang disini maka akan banyak orang yang penasaran untuk membeli produk kami.




3. Cimol
a. Kekuatan
- Tidak memerlukan modal yang besar.
- Proses produksi mudah
- Proses penyajian mudah

b. Kelemahan
- Belum mampu memberikan varian rasa yang baru.
- Terkendala dalam segi pemasaran.

c. Peluang
- Menawarkan kosumen jajanan murah.
- Banyak di sukai masyarakat.

d. Ancaman
- Banyak pesaing.
- Tidak tahan lama.

·         Cara mengoptimalkan kekuatan dan peluang
Proses produksi dan pnyajianya yang mudah maka kita menjadi lebih mudah menjalankan bisnis ini. Selain itu modalnya juga tidak besar maka bisa menghemat pengeluaran.

·         Cara memanfaatkan peluang dan kelemahan
Belum bisa memberikan varian baru dalam makanan ini tapi kami yakin kami mampu berhasil dalam bisnis ini karena dengan rasa yang ada seperti sekarang inipun masyarakat masih menyukai jenis jajanan ini. Selain itu karena makanan ini banyak disukai masyarakat maka kami tidak kesulitan melakukan bisnis ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar